Arti kosakata adopsi

Arti kosakata adopsi adalah prosedur yang membuat seseorang menjadi anggota resmi dan diasuh oleh keluarga baru. Adopsi umum terjadi dalam masyarakat sehingga anak adopsi bisa memahami bahwa dirinya bukan satu-satunya anak yang diadopsi.

Bila sudah memutuskan untuk melakukan adopsi, masalahnya kemudian adalah langkah-langkah yang harus ditempuh agar anak angkat tersebut mempunyai kekuatan hukum. Ketentuan mengenai adopsi anak bagi pasangan suami istri diatur dalam SEMA (Surat Edaran Mahkamah Agung) No. 6 tahun 1983 yang menyempurnakan Surat Edaran Nomor 2 tahun 1979 tentang pemeriksaan permohonan pengesahan/pengangkatan anak. Selain itu juga Keputusan Menteri Sosial RI No. 41 /HUK/KEP/VII/1984 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perizinan Pengangkatan Anak.

Siapa Yang Dapat Mengajukan Adopsi?

Adopsi dapat diajukan oleh pasangan suami istri, maupun bujangan yang belum menikah. Ketentuan itu mengacu pada Surat Edaran Mahkamah Agung No. 6 tahun 1983 yang mengatur tentang pengangkatan anak antar Warga Negara Indonesia (WNI). Isinya selain menetapkan pengangkatan yang langsung dilakukan antara orangtua kandung dan orangtua angkat (private adoption), juga tentang pengangkatan anak yang dapat dilakukan oleh warga negara Indonesia yang tidak terikat dalam perkawinan yang sah atau belum menikah (single parent adoption).

Akhirnya, ketika anak semakin dewasa dan semakin tak terlalu membutuhkan ayahnya, para ayah tersebut seperti juga para ibu, cenderung ingin tetap mempertahankan peran orangtua, kadangkadang menjadi terlalu melindungi, mengkritik istri karena terlalu banyak mencurahkan waktu untuk bekerja dan kehilangan rasa kepercayaan diri untuk dapat berkarier di suatu bidang selain hanya mengasuh anak. Dengan kata lain, para ayah yang sepanjang hari mengurus rumah tangga sering mengalami persoalan transisi yang juga dialami para ibu rumah tangga. Mereka perlu mengembangkan minat dan karier ketika anak mulai dewasa agar hubungan dalam keluarga dan rasa percaya diri tetap berkembang.

Referensi
– Dasar-Dasar Keperawatan Maternitas
Oleh Persis Hamilton
– Infertil Inform. lengkap utk penerita & keluarga
Oleh Vitahealth