Keberhasilan Perjuangan Rasulallah SAW


Kalau kita perhatikan, Rasulallah Saw berjuang dalam waktu 23 tahun. Setelah beliau diangkat menjadi nabi dan rasul pada umur 40 tahun, sampai beliau wafat pada umur 63 tahun, berarti beliau berjuang selama sekitar 23 tahun. Sungguhpun hanya sebentar, tapi beliau mampu merubah kehidupan masyarakat.

 

Dalam perjuangan Rasulullah Saw, paling tidak ada tiga hal yang telah beliau rubah :

 

Pertama, dalam bidang akidah (kepercayaan). Masyarakat Jahiliyah waktu itu menyakini adanya banyak tuhan, atau yang dikenal dengan musyrik (politeisme). Kemudian, berkat perjuangan Rasulallah, mereka mentauhidkan Allah atau mengimani adanya Allah, Dzat Yang Maha Esa.

 

Kedua, dalam bidang hukum. Kalau waktu itu, mereka sama-sekali tidak mengenal hukum, yang kuat menindas yang lemah (homo homini lupus), maka berkat perjuangan Rasulallah, mereka menjadi masyarakat yang taat dan patuh kepada hukum.

 

Ketiga, dalam bidang akhlak atau moral. Masyarakat pada saat itu adalah masyarakat yang biadab, masyarakat yang sama-sekali tidak menghormati kaum du’afa, tetapi berkat perjuangan Rasulallah, mereka menjadi orang-orang yang berakhlak. Dengan demikian, perubahan yang dilakukan oleh Rasulallah ini sangat signifikan dan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia sampai saat ini. Bahkan, beliau juga berhasil mendirikan suatu negara Madinah yang kelak kemudian hari menjadi satu kekuatan politik yang luar biasa.

Hadirin sidang jum’at rahimakumullâh,

 

Dalam sejarah tercatat, bahwa Nabi Muhammad melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah. Begitu beliau sampai di Madinah, beliau mendirikan Madinah sebagai pusat kekuatan Rasulallah dalam mengembangkan Islam. Dalam waktu singkat, tidak lebih dari 11 tahun beliau di Madinah, seluruh Jazirah Arab sudah tunduk di bawah kekuasaan Rasulallah SAW. Bahkan setelah wafat, berkat didikan Rasulallah para sahabat mampu mengembangkan negara Madinah. Sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, dilanjutkan oleh Abu Bakar selama 2 tahun, kemudian Sayyidina Umar selama 12 tahun.

 

Pada masa Sayyidina Umar ini, dunia Islam bukan hanya meliputi wilayah di Jazirah Arab, tetapi sudah mampu menaklukkan dua negara adi daya waktu itu, yaituPersia dan Romawi.

Setelah masa khulâfaurrâsyidîn, maka berdirilah Dinasi Bani Ummayyah yang berkuasa hampir selama 90 tahun. Dinasti ini menguasai bukan hanya di daratan Asia, tetapi juga Eropa, bahkan pernah mendirikan negara di Spanyol, sebagai kerajaan yang sangat besar.

 

Kemudian setelah itu dilanjutkan oleh Dinasi Abbasiyah yang melahirkan ulul albâb (cendekiawan muslim). Dengan demikian, selama lebih dari 500 tahun Islam menguasai dunia. Hal itu semata-mata berkat perjuangan Rasulallah dan para sahabatnya.

 

Maka di sinilah, banyak orang yang menilai dan mencari informasi, mengapa Rasulallah mampu mengembangkan ajaran Islam dalam waktu singkat? Mengapa Rasulallah mampu mendidik para sahabatnya, sehingga setelah beliau wafat, para sahabat mampu mengembangkan Islam ke seluruh penjuru dunia? Maka, kalau kita jujur, kita akan sampai pada kesimpulan, bahwa Rasulallah berhasil, karena beliau berpegang teguh pada wahyu yang disampaikan Allah Swt kepada beliau, pada saat beliau diangkat sebagai nabi dan rasul.

——————-

Allahhumma sholli wa salim ‘alaa muhammad wa ala ‘aliy muhammad…

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s